Kamis, 26 Desember 2013

Bahaya Rokok


Halohai readers, kali ini saya akan memaparkan hal yang menjadi suatu kebencian saya tetapi selalu hadir dalam kaseharian saya. Yang saya maksud kali ini adalah merokok. Banyak orang yang tidak tahu akan dampak buruk rokok. Saya patut mengatakan rokok dapat menimbulkan dampak buruk karena itulah kenyataannya, dan rokok tidak mungkin menimbulkan dampak positif bagi pengguna maupun orang-orang di sekitarnya(so impossible).
Merokok dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya
seperti kanker, penyakit pernapasan kronis, penyakit jantung, dan impoten, bahkan dapat menyebabkan kematian dini. Ada puluhan zat di dalam rokok yang siap menggerogoti tubuh hingga menimbulkan kematian. Faktor yang mempengaruhi bahaya rokok, yaitu:
·     Jumlah rokok yang dihisap setiap harinya
·    Apakah rokok itu mengandung filter
·    Bagaimana keadaan tembakau pada rokok tersebut

Tentu saja rokok akan menyebabkan banyak penyakit. Itu pun juga sudah tertulis pada bungkus rokok yang dapat diakibatkan oleh perbatang rokoknya. Kenapa masih banyak orang yang ngotot meneruskan kebiasaan buruk tersebut?

Merokok juga akan menimbulkan penyakit kardiovaskular(yaitu penyakit yang menyebabkan kelainan pada jantung dan pembuluh darah seseorang). Tidakkah kalian pahami, penyakit jantung merupakan faktor kematian utama dalam merokok. Kebiasaan merokok selama bertahun-tahun akan menyebabkan penumpukan kolesterol dan lemak pada arteri karena zat nikotin pada rokok yang akan mengakibatkan pengerasan pembuluh darah.

Selain merokok dapat membahayakan diri pribadi, juga dapat membahayakan diri orang lain. Saya sudah pernah membaca artikel yang konon katanya perokok pasif(orang yang ikut menghirup, tetapi bukan pelaku) lebih berat daripada perokok aktif(si pelaku). Emang mau, orang yang kita sayingi merasakan sakit yang lebih parah?  Maka dari itu, ayo biasakan hidup sehat, toh pun, itu juga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang-orang disekitar.

Dan bagi kalian yang perokok berat, aturlah pola hidup secara sehat dengan cara olah raga yang teratur, tidur yang cukup, makan yang cukup, banyak minum air mineral, kurangi makanan dan minuman berlemak dan tinggi gula,  banyak-banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi.
Sekian dari Syauqi, semoga ini bermanfaat bagi kalian. Terima kasih(●´∀`●) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar